-->

Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram Yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram - Bisa dikatakan bahwa internet saat ini sudah merubah cara pandang sesorang tentang dunia bisnis, dimana pada jaman dahulu orang-orang hanya mengandalkan kemampuan public speaking untuk mempromosikan brand atau usaha yang sedang mereka kembangkan.

 

Tak jarang orang-orang jaman dahulu rela pergi atau promosi dari rumah kerumah agar ada yang membeli barang dagangannya yang tentu hal itu akan membuat orang-orang tersebut banya mengeluarkan tenaga atau butruh tenaga ekstra agar ada yang membeli barang dagangannya tersebut bahkan tak jarang pula usahanya itu tidak memberikan buah yang manis, udah susah payah keliling komplek atau bhakan kota namun tidak ada orang yang membelinya.

Di era modern ini smeuanya memang berbasis teknologi, jadi tentunya selalu ada kemudahan untuk melakukan bisnis apa saja. Dengan kemajuan internet di era modern maka banyak cara yang dapat anda tempuh atau anda lakukan untuk melakukan apa saja. Seperti contohnya adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk melakukan sebuah bisnis.

Media sosial yang sering dijadikan sarana untuk jualan online adalah Instagram sebab dengan Instagram anda akan lebih mudah mencari target untuk mempromosikan barang atau brand yang anda jual.

Part 1: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram

Dengan adanya instgram anda tidak perlu repot-repot lagi keliling kompleks anda cukup membuat konten yang menarik saja. Namun ada beberapa kelbihan dan kekurangan saat anda jualan di Instagram, adapun kelebihan dan kekurangan yang harus anda pahami adalah:

1. Kelebihan

a.Tampilan produk yang menarik
Instagram memberikan fasilitas yang baik untuk penggunanya, diamana anda bisa membuat konten yang semenarik mungkin melalui foto maupun video. Biasanya orang-orang akan lebih tertarik apabila produk yang anda tawarkan kepada mereka dikemas atau di publikasikan dengan tampilan yang menarik.

b. Memiliki banyak fitur
Saat anda ingin memposting foto maupun viedo, Instagram menyediakan fitur yang dapat memperindah foto yag hendak anda posting, diamana anda bisa mengeditnya agar lebih rapi dan lebih bagus lagi.

c. Dapat mencantumkan media sosial lainnya
Seorang pebisnis memang sudah seharusnya memiliki cadangan akun, dimana tujuannya adalah agar supaya proses pemasarannya lebih cepat dan banyak audience yang menjdai target dari pemasaran itu. Nah bagi anda yang memiliki akun bisnis lebih dari satu maka anda dapat mencantumkannya pada Instagram anda agar orang-orang juga tahu bahwa produk atau brand yang anda tawarkan kepada mereka tidak hanya dapat di akses melalui Instagram saja.

d. Bisa pakai hastag
Dengan memakai hastag maka anda akan terhubung dengan banyak akun, misalnya anda bisa membuat hastag dengan  mencantumkan akun-akun yang saat ni sudah memiliki banyak pengikut, dengan begitu otomatis konteen akan akan terhubung dan banyak mendapat like.


2. Kekurangan 

a. Foto profil tidak dapat di pencet
Salah satu kekurangan dari Instagram adalah orang lain tidak dapat melihat foto profil anda dengan jelas karena pada bagian tersebut tidak dapat di klik.

b. Deskripsi bio terbatas
Anda memiliki batasan untuk menuliskan deskripsi bio data anda, Instagram sudah memiliki ketentuanna sendiri yaitu hanya memberikan kesempatan menuliskan deskripsi bio data sebanyak 150 karakter saja.

c. Resolusi gambar berkurang
Anda jangan kaget apabila tampilan atau mungkin warna dari foto yang anda posting menjadi sedikit berubah dari foto aslinya, sebab ketka anda mempostingnya di Instagram tampilan dari foto maupun video akan mengalami penurunan resolusi. Oelh sebab itu ketika anda hendak memposting sesuatu lebih baik anda menulsikan deskprisinya dengan jelas.


Part 2: Kelebihan dan Kukurangan Memasarkan Produk di Instagram

Semenjak banyak pengguna Instagram maka dunia perdagangan mengalami bebrapa perubahan, dimana saat ini dengan adanya Instagram orang-orang menfaatkannya sbagai lahan marketing. Banyak orang yang memilih Instagram untuk keperluan bisnisnya karena saat ini Instagram telah digunakan hampir semua orang yang tinggal di penjuru dunia.


Dengan Instagram anda dapat memasarakan apa saja dan menjangkau hingga ke manca negara. Dahulu kala memasarkan produk sangatlah sulit namun keuntungan yang lebih dirasakan oleh sales marketing sebuah perusahaan maupun usaha  perseorangan. Dimana mereka mendapatkan banyak sekali kemudahan berkat kemunculan aplikasi ini.

Aplikasi Instagram sebenarnya tidak jauh berbeda dengan facebook, pasalnya banyak pula orang-orang yang memanfaatkan facebook sebagai lahan marketing pula. Namun Instagram memiliki tampilan yang lebih simple dan fitur yang ditawarkannya pun juga lebih lengkap.

Jika anda memasarkan sebuah produk melalui Instagram anda akan lebih mudah memilih target jadi anda tahu langkah apa yang harus anda lakukan agar produk anda cepat dikenal oleh banyak orang. Adapun kelebihan dan kekurangan memasarkan produk di Instagram diantaranya yaitu:

1. Kelebihan

a. Menyediakan Fitur Gratis
Saat anda menggunakan Instagram sebagai sarana untuk memasarkan suatu produk anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dengan memperoleh berbagai macam fitur yang tentunya dapat membuat tampilan feed IG anda menjadi lebih menarik dan banyak di kunjungi. 

Ada berbagai macam fitur yang dpat anda peroleh misalanya fitur edit foto, dpat mengunggah video berdurasi panjang maupun pendek, dpat membuat konten berupa teks, menyedia fitur sorotan cerita yang dpat memudahkan pengunjung melihat produk apa saja yang pernah anda posting melalui Instagram story. 

b. Memiliki banyak pengguna.
Meskipun ada aplikasi media sosial  lain yang juga memiliki banyak pengguna, namun Instagram saat ini memiliki peringkat tertinggi yang paling banyak di gunakan oleh setiap kalangan. Baik itu anak-naka, remaja, dewasa bahkan juga lansia. Oleh sebab itu jika anda memasarkan produk melalui Instagram anda akan lebih mudah memiliki banyak target.

c. Memudahkan anda mengelola bisnis
Ya tentu memasarkan produk melalui Instagram akan lebih mudah sebab anda sudah tau sendiri bahwa pengguna aplikasi  ini juga sangat banyak. Selain itu Instagram menyediakan fitur akun bisnis yang akan sangat membantu anda dalam mengelola bisnis supaya tidak rancu dengan akun pribadi.



2. Kekurangan

a. Memiliki banyak pesaing
Tentu ketika anda memsarkan produk atau jasa anda melalui Instagram anda akan menghadapi banyak pesaing. Sebab saat ini banyak sekali loh yang sudah mengguanakan Instagram ini untuk keperluan bisnis. Selain itu Instagram itu sendiri juga menyediakan fitur akun bisnis yang memang ditujukan oleh semua orang yang ingin menjalankan bisnis melalui Instagram.

b. Mendapat banyak spam
Salah stau yang akan sering anda jumpai adlah spaming dari akun pengguna Instagram lainnya. hal ini biasanya di lakukan oleh pemilik akun bisnis atau penyedia jasa tambah followers dan boom like. Tujuan spaming itu sendiri adalah untuk mendpatkan kunjungan berupa like ataupun komen yang dpat membanntu mereka mendpatkan tambahan followers.

c. Kualitas foto menurun
Jika anda memasarkan produk berupa foto makaanda jangan kaget bila kualitas pada foto anda menjadi berkurang. Sebab Instagram tidak dapat memposting foto yang berukuran besar sehingga secara otomatis foto yang anda posting akan mengalami penurunan kualitas.

Lihat Juga:
Sekian artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram & Kelebihan dan Kukurangan Memasarkan Produk di Instagram yang mungkin bisa bermanfaat untuk anda yang lagi merintis dunia Online Shop di Instagram. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua, dan terimakasih telah mengunjungi blog ini.
Share This Article :
Copyright © 2018 Goindones.com
Design by Dunia Blanter
How To Use
  1. Put the link on the Safe Link Converter box with http:// or https://
  2. Use CTRL + V on keyboard to put the link.
  3. Click the Safe Link Now! button to get encrypted link.
  4. Click the for Copy your link to clipboard!
  5. Done.

You also can use Lock Feature for Secure your encrypted link.
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]